Cerita Dalam Cerita : “Bolehkah Kita Memiliki Rasa Resah, Galau, Gelisah dan Suasana Seirama Lainya?”



Hallo hai hai teman, apa kabarnya?

Semoga kita diberikan kesehatan dan limpahan rahmat kasih sayang oleh Allah SWT. Aamiin, dan  juga selalu penuh semangat dan menjadi luarbiasa dalam menjalani kehidupan, atssehh  hehe

Gue mau berbagi sebuah cerita nih sama teman-teman semuanya, ini sebenernya cuma cerita biasa tentang dua orang sahabat yang saling berbeda pendapat dalam memaknai pola  “resah, galau dan gelisah” atau rasa dengan kondisi yang sama lainya, gue sebagai sudut pandang orang ketiga, pengen tau juga bagaimana kebenaranya, bukan untuk mengetahui siapa yang salah dan menarik nama untuk menjadi seorang pemenang, bukan itu point pentingnya. Gue cuma pengen tau aja, bagamana sikap kita seharusnya bila dikondisikan dalam keadaan yang mereka perandaikan,

Oke langsung aja kali ya,

Dari pada gue makin gak jelas,

Ntar malah jadi lupa terus kebahas yang lain jadinya hahaha

Ini dia ceritanya,
***
A         : Udah di kosan kamu?
B         : Udah ni..
A         : Capek ya pasti?
B         : Enggak juga sih, kamu sibuk sama kegiatan apa sekarang?
A         : Uwooo kereen, 
Sibuk dengan keresahan aja nih haha
Kamu sibuk apa?
Ngajar?
B         : Jelek banget kesibukanya..
Tiap hari ngeratapin nasib, gitu?
A         : Memang gitu, tp gak ngeratap juga, lagi resah-resahnya ini hehe
B         : Hmmmm...
A         : iya, kita kan tumbuh dalam resah hehe
B         : Maksudnya?
A         : Maksudnya ya gitu, kita tumbuh dalam resah,
coba aja hidup tanpa resah kayaknya hambar deh?
B         : *ngasih muka aneh, tanpa dialog
A         : Ah gitu aja nih responnya?
B         : Jika menurut pandangan kamu gitu, what can i say?
A         : Jadi dari sudut pandang kamu gimana?
B         : Haha entahlah..
A         : Ah gitu deh kamu...
B         : Gak punya landasan benar atau salah atas pendapatnya
A         : Haha
Ya udah deh, tapi bener loh kita tumbuh dalam gelisah
*di umpan lagi karna rasa penasaran sama pendapat sahabatnya
B         : Saya lebih suka posisi nol dari pada gelisah
Gelisah lebih menghadirkan setan daripada tuhan. Sekian.
Bukan soal benar atau salah, hanya tentang keutamaanya aja,
A         : Tapi bukanya dalam gelisah adanya tulus doa dalam meminta, apapun itu?
B         : Bukankah dalam al-Quran sering di ulang-ulang,
bagi orang yang ada iman di dalam dadanya,
dia tiada gelisah maupun bersedih hati..
mungkin lebih tepatnya kita berdoa bukan karna gelisah,
tapi karna kita punya iman kepada Allah..
A         : Kalau seperti ini, dalam suatu posisi yg sulit,
kamu di tuntut untuk melakukan sesuatu yg terbaik,
namu kamu merasa kurang yakin melakukanya,
disana ada rasa resah, gelisah,
dalam gelisah ini kamu berdoa dan berupaya menjadi lebih baik,
lalu ternyata kamu melakukanya sesuai permintaan,
jadilah sesuatu yang baik,
seperti itu cara tumbuh dalam gelisah,
orang yg tidak beriman sepertinya dia tidak akan berdoa dalam gelisah?
B         : Berarti dia berdoa karna iman kan?
A         : Iya dong.
B         : Jika maksud kamu,
karena adanya gelisah yang meguatkan iman kita
agar selalu mengingat Allah..
Berarti sayang sekali ya..
Kegelisahan yang bikin kita dekat sama Allah..
padahal pas kita nggak gelisah pun Allah juga tetap ada
ngasih rahmatNya...
A         : Kalau kita ngeliata dari satu sisi,
maka jadi begitulah kesimpulannya.
B         : Sisi mana yang saya gak faham nih kayanya?
A         : Uumm jadi seperti sekarang ini,
kamu mengartikan pendapat saya, karna adanya gelisah yang menguatkan iman,
lalu kamu bilang sayang sekali,
karna dalam keadaan tidak gelisah kita juga di rahmati Allah kan?, 
lalu coba kamu menjadi saya,
apakah pernyataan kamu bisa saya benarkan?
sedangkang saya bisa menjawab kalau rasa gelisah
hanyalah salah satu cara tuhan menguji imam?
B         : Di awal saya gak mau berkomentar, karna gak tau benar dan salahnya..
Hanya berpegang pada : jika kita pcaya pada Allah kita gak perlu gelisah..
Ini yang saya tkutkan..
debat dalam hal yang gak mugkin bisa megubah pandangan orang yang berbeda.
A         : Bener loh itu yang kamu bilang,
tapi saya sebagai manusia yang masih kikuk,
masih punya rasa gelisah di berbagai kondisi,
makanya saya bilang kita tumbuh dalam gelisah,
kita memang bisa menjelasakan dan mengkondisikan
supaya tetap tenang,
tapi gelisah itu selalu bekerja,
muncul pertanyaan kepada diri sendiri,
"lalu mengapa masih ada gelisah sedangkan aku punya Allah?"
timbullah jawaban dalam hati,
mengapa kegelisahan membuatku mempertanyakan tentang
keimanan, kalau  bukan untuk menjadi salah satu jalan meguji keimananku?
Mungkin pandangan saya tidak begitu benar,
tapi mungkin juga tidak sepenuhnya salah.
B         : Gelisah itu buruk kan ya?
Kita ibaratkan minus gimana?
Minus itu kalo di tulis didalam kurva berarti dibawah garis kan nilainya?
Kalo di ibaratkan garis itu iman?
Jadi kamu kan tetap mencari posisi nol agar bisa mminta..
Kalo kita berdoa berat ke minus..
berarti kita bukan lagi doa kan ya? tapi lagi berprasangka buruk sama Qada.
jadi kita berdoa seringnya pasti pas kita sudah Lebih tenang..
Gelisah karna apa kah?
Yakin gelisah itu bukan karna prasangka atas ketidak bruntungan
kita dalam suatu hal?
Saya belum sepnuhnya paham apa yang kamu mksud..
Gelisah ingin jadi yang terbaik yang gimana kah?
Jika gelisahnya tanpa alasan kah?
A         : Gelisah gak bisa loh di ibaratkan minus,
gelisah adalah posisi dimana segala kemungkinan bisa terjdi,
jadi kalau kita menggambarkanya,
gelisah itu adalah satu titik,
dan kita bisa menarik garis kemana saja,
nah dengan iman kita bisa memilih menarik garis ke arah mana
seharusnya, gitu..
jadi misal ada dua pilihan A atau B, saya bingung milih yang mana,
nah itu lo waktu dimana saya lagi resah atau gelisah atau galau,
mau milih yang mana yaa bagusnya?, gituu
B         : Um..klo mnurut kmu begtu ya ..
gelisah itu cuma penghambat pertumbuhan mnurut saya...
'Bfikir' lah yang bkin kita mepertanyakan keimanan kita..
A         : resah, gelisah, galau atau masih ada perandaian lainnya yg sama,
itu menurut saya adalah satu titik dimana kita harus menentukan harus menarik garis
ke arah mana,
jadi gelisah, resah, galau itu gak bisa di bilang minus, menurut saya gitu sih.
B         : Suatu kondisi kan gak seharusnya menghadirkan gelisah?
Jika dikasi pilihan yang dibtuhkan kebijaksanaan,
gelisah bukan bagian dari hasil kondisi..
kamu yang memutuskan untuk memunculkan gelisah..
padahal dia bisa dihilangkan.
Kamu bisa ngegantinya dengan cara lain kan?
Gelisah cuma bagian dari ketakutan dan praduga,
kita seandainya kita melakukan hal yang tidak patut
Bagi saya itu tetap minuss.
A         : terus gini, kamu bilang menggantinya dengan cara lain?
lalu kita sebut dg apa kondisi gelisah, resah dan galau itu?
B         : Mugnkin bisa disbut beprasangka buruk dengan ketetapan Allah?
Galau itu karna sesuatu kondisi yang tak berjalan dengan harapan kita kan ya?
Berarti kita gak yakin sama jalan yang telah dtetapkan Allah dong.
A         : kok bisa disebut gitu?
aku ulang perandaian tadi ya,
“jadi misal ada dua pilihan A atau B saya bingung milih yang mana,
nah itu lo waktu dimana saya lg resah dan gelisah mau milih yg mana yaa,
gituu”
apakah se berdosa itu??
B         : Ga bilang berdosa kan..
Cuma bilang itu minus..
karna Allah udah nyediain clue kan..
Kalo untuk mmlih.. Dan bingung, bingung beda kan dari gelisah?
Kalo bingung kan disruh shalat istikharah buat milih..
Kalo gelisah ga nyaman dan mbuat kita berandai-andai kan?
Kalo kita begtu, jatuhnya kan jadi berprasangka,
gelisah kan tanda ketidaknyamanan hati
Ga tau ah, kamu selalu menang berargumen kok.
Tapi yang saya baca gelisah itu tidak baik..
sayang sekali harus dihadirkan dlm hidup.
A         : Tapii, kalau gak yakin dengan ketetapan Allah itu dosa loh
kamu bilang gelisah, resah dan galau itu bisa disebut begitu,
gak yakin sama ketetapan Allah?
B         : Jika pernyataan saya bertolak belakang sama kamu nya mohon di abaikan ya.
A         : hihihi
B         : Jadi menurut kamu gelisah itu semacam apa?
Definisiny kaya apa?
A         : Kan udah dijelasin tadi, pasti kamu gak baca banget ya kaan?
B         : saya cuma udah kapok menganalisi segala sesuatu secara berlebihan,
tapi bertindak memperbaiki terlalu sedikit.
A         : Jadi maksudnya ituu,
saya cuma pengen menyampaikan pendapat saya ke kamu kalau gelisah,
resah dan  galau atau kalau masih ada lg perandaian lain yang kondisinya sama,
itu gak sesempit itu lo pengertiannya..
B         : Gelisah itu bisa dhilangkan harusnya..
Klo kita dihadapkan pada pilihan pasti Allah bemaksud baik agar kita
bertindak bijaksana..
Jika kita menunggu sesuatu agar tak gelisah obatnya adalah sabar
Jika dihadapkan perkara lain juga apa mesti sellu gelisah? Galau?
Ujung-ujungnya kecewa sama ketetapan Allah pasti.
Udah kecewa baru sadar dan lari ke Allah gitu..? How poor you are?
A         : Nah itu loh, garis yang saya bilang tadi, garis yang akan kita tarik dari satu titik tadi,
sebijaksana apa kita memutuskan untuk menariknya ke arah mana?
itu proses setelahnya loh,
B         : Makanya di Al-Quran dibilang berkali-kali
orang yang beriman tiada gelisah dan bersedih hati..
Jadi kalo kita gelisah yang dipertanyakan,
mugkin sebrapa besar kedekatan kita sama Allah..
Bukan tumbuh bersama gelisah..
Gelisah ga bisa dijadikan titik yg bisa ditarik untuk dibawa k positif dan negatif,
 menurut saya.
A         : orang yg gelisah, galau, resah itu belum sampai lo di titik kecewa,
apalagi kecewa dengan ketetapan Allah, berdosa kan itu,
B         : Gelisah itu mugkin bukti kalo kita tidak menyertakan Allah atas segala Qada.
oke oke.. 
Klo bagi kamu begitu ya maaf ya atas argumen saya..
Dan tidak sepaham sama pernyataan kamu.
A         : Jadi maksudnya kamu, orang yang tidak berjalan sesuai keinginanya,
saat itu mereka gelisah, galau, resah gitu kan?
itu bukan gelisah, resah, galau lagi lo namanya tapi lebih tepatnya kecewa.
gelisah, resah dan galau menurut saya prosesnya jauh sebelum kecewa terjadi
dan bisa juga setelah kecewa terjadi tapi beda lagi pemahamannya,
dengan kebijaksanaan, iman dan rasa positif lainya itu,
bisa menuntun kita memilih jalan yang benar, agar tidak kecewa.
gak sesempit itu loh pengertianya,
B         : Jika mnurut kamu tumbuh bersama gelisah itu terdengar baik?
Saya faham pilihan kamunya,
Cuma pandangan saya mugkin gak melihat itu sebagai suatu kebaikan.
tapi kita sepakat buat menghargai pandangn masing-masing kan?
A         : Hmm, terus kita sebut apa kondisi resah, gelisah dan galau itu seharusnya?
B         : Jawaban saya tetap sama..
itu cuma kondisi yang dibikin mnusia utuk mengasihani dirinya sendiri
menyatakan ketidakberdayaan memutuskan sikap sndiri..
larut dalam hal yang udah ada jawabannya sama Allah..
Sudahlah, saya sudah mgakui selalu kalah jika beradu argumen,
walau kamu nanya pendapat saya,
kamunya pasti berteguh sama pendapat kamu juga kan?
Selalu bgtu deh kita,
A         : Gak sesempit itu kok pengertianya
prosesnya jauh sebelum itu,
apakah kamu gak pernah bingung dalam mengambil keputusan?
Oh yaa,
kayak kemaren itu loh sebelum kamu memutuskan untuk keluar dari pekerjaan,
itu perasaan apa namanya? kondisi apa namanya?
sebelum kamu memutuskan untuk resign itu?
B         : Bingung beda denga gelisah kan..
Gelisah itu bfikir berkepanjangan..
Saya juga sering merasakan gelisah..
Karna pernah merasakan makanya,
mengambil kesmpulan gelisah dan bingung itu beda,
A         : Tapii, bukankah itu hanya sebuah kata ganti?
lalu kondisinya tetap sama?
Galau itu bingung, gelisah juga bingung, resah juga karena bingung?
Hmm.. yang saya lihat perbedaanya adalah,
kamu bisa menerima kata "bingung" dengan baik secara utuh,
dan tidak bisa menerima,
atau sedikit negatif terhadap kata "gelisah, resah dan galau”
B         : Bingung mengantarkan kita utuk memilih buat gelisah atau bertanya pada Allah.
A         : Makanya tadi beberapa kali saya bilang, dan kata ganti lainnya yg kondisinya sama
B         : Oke saya kalah.. Lakukanlah yang mnurut kamu benar.
A         : tapii, inget ya gak sesempit itu loh pengertianya..
coba deh kami share ke orang-orang,
apakah saya memang salah?
udah larut aja nih,
makasih ya udah mau ngeladenin ocehan saya hehe
B         :  Saya tetap gak sepaham sama kamunya..tapi deh udah stop.
Yuk istrahat
Semoga hidup dalam gelisah bisa bikin kamu bahagia ya haha
Konbanwa, Assalamu'alaikum.
A         : gak apa-apa kok,
kamu udah yakin banget sama pendapat kamu,
saya juga ngerasa bener, jadi..susah deh hehe
tapii, inget yaa gak sesempit itu lo pengertianya,
dan selalu ada banyak kemungkinan,
kita kan gak harus terpaku juga kan?
kita juga gak bisa menilai dari satu sisi atau satu sudut pandang aja kan..
*jadi kayak orang bener aja nih  hahaha
okre dah kita ditutup, 
Waalaikumsalam.
***
Huhuhuu, jadi begitulah dialog manis mereka,

Lalu bagaimana menurut kamu teman?

Bagaimana cara kita seharunya dalam menyikapi kondisi sedemikian?

Boleh dong di share pendapatnya, di ruang komentar di bawah ini? Hehe

*tapi siapa juga ya, yang mau mampir baca blog ini?

Semoga ada yang nyasar !! hahhaha

Oke deeh, sampai jumpa di tulisan selanjutnya teman, daaaa !!!





ariyosde™

Semua penulis akan mati. Hanya karyanya yang akan abadi. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di Akhirat nanti. (Ali Bin Abi Thalib)

No comments:

Post a Comment