Kidal Itu Istimewa


Yang pertama-tama harus kita ketahui tentang kidal adalah dia bukan hewan melata dan juga tidak berbahaya, karna kidal dan kadal itu jauh beda.

Kidal adalah left handed kata bule, kalau kata pakle sih kede’ soalnya pakle  kan asalnya dari jawa kalau dari manado lain lagi namanya, nah masalahnya gue gak tau dimanado kidal di sebut apa, tapi di batak sana orang kidal itu disebut sijaluk, kalau bahasa bataknya ya pasti tau dong ,kan gue orang padang, loh?

Aduh, makin ngaco ya,

Kidal itu relatif, bisa jadi karna faktor genetik bawaan lahir “nature” atau karena cara pengasuhan “nuture” kebanyakan orang kidal lahirnya prematur, katanya para pakar bilang gitu sih (keren ya, kidal aja ada pakarnya), kalau gue sih bilangnya itu anugerah ya, ya kan anugerah dikasihnya gak ke semua orang, cuma di kasih ke orang-orang tertentu aja gitu, istimewa deh pokoknya.

Selain terlihat sangat keren, katanya anak-anak kidal juga banyak yang jenius, itulah mungkin kenapa cuma sedikit banget penduduk bumi yang kidal, kira-kira 10% lah, atau mungkin cuma 5% ya?, yang jenius gak harus banyak-banyak lah, tapi kasian sih sikidal harus tetap jadi minoritas, tapi kan jenius.*loh?.

So, karna kidal langka dan istimewa, yok selfie sama temen kidal, terus bikin hastag #temenkidalku jadi trending topic deh haha

Mau bukti kalau kidal identik sama jenius?

Sebut saja Albert Einstein, Leonardo Da Vinci, Napoleon Bonaparte, Newton, Bill Gates, Oprah Winfrey, Kurt Cobain, Leonel Messi, mereka semua kidal, dan masih banyak lagi nama-nama besar lainnya, kurang jenius apalagi coba mereka? Di bidangnya masing-masing ya tentunya.

Tapi sebenernya ini gak mutlak juga loh, coba kita review sedikit tentang fungsi otak kiri dan otak kanan.

Fungsi otak kiri yaitu untuk mengatur kemampuan bahasa, angka, analisa, logika, urutan, hitungan dan detail. Cara kerja otak kiri short term memory (memory jangka pendek).
Fungsi otak kanan yaitu untuk mengatur kemampuan kreativitas,konseptual, seni/musik, gambar/warna, dimensi, emosi dan imajinasi. Cara kerja otak kanan long term memory (memory jangka panjang).

Pada anak kidal, perkembangan otak kanannya lebih baik. Demikian juga sebaliknya, anak yang memiliki kecenderungan tangan kanan, berarti otak kirinya yang memiliki perkembangan lebih baik. Mungkin ada benarnya, orang yang kidal itu identik dengan jenius karena bila kita lihat bahwa ternyata perkembangan otak kanan lebih baik pada orang kidal, karena ia memiliki kemampuan dan kreativitas yang lebih tinggi,mungkin itu yang bikin dia bisa disebut jenius. Namun sebenarnya, jenius itu gak bisa diukur dari seberapa kidal dia dalam kehidupan sehari-hari *hadeh, yang kanan kan juga banyak yang jenius. ya intinya tetaplah relatif.

Terlepas dari semua itu, yang paling membuatnya jadi istimewa adalah seluruh dunia sangat menghargai orang-orang kidal dengan menetapkan tanggal 13 Agustus sebagai hari kidal sedunia, bahasa kerennya International Lefthanders Day ternyata sudah di peringati sejak tahun 1996 silam(gue aja baru tau hehe). 

Nih buat tukang buli anak kidal di SD, emang ada hari kanan sedunia? huuu gak ada kaan huuu... *bocah banget ya haduh

Tapi keren kan?
**
Hai para manusia kidal yang dituduh istimewa, salam kenal!
Gue juga kidal.

ariyosde™

Semua penulis akan mati. Hanya karyanya yang akan abadi. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di Akhirat nanti. (Ali Bin Abi Thalib)

3 comments:

  1. Kunjungan balik :)
    Yang kidal muslim, asal jangan jadi pembenaran ya saat makan dan minum, tetep pake tangan kanan :D

    ReplyDelete