Cerita Dalam Cerita : KALEIDOSKOP 2016 VERSI ARIYOSDE "Ketidakpastian, Dunia dan Akhir Zaman."



Hampir disetiap penghujung tahun saya mencoba untuk menulis, mencoba membuat sebuah kesimpulan untuk segala apa saja yang telah saya lalui selama satu tahun kebelakang, namun entah kenapa di tengah-tengah proses menulis ada saja gangguan yang membuat tulisan itu batal diselesaikan, mulai dari kehilangan inspirasi saat menulis, tiba-tiba kehilangan mood, tema tulisan yang tidak konsisten sehingga penulisannya kacau, ada teman yang selalu memecah konsentrasi dengan pesan-pesan mereka di sosial media, begitu menyebalkan sebenarnya, menyebalkan bukan karena mereka, tapi karna pribadi saya sendiri yang entah mengapa begitu mudah goyah untuk tidak meneruskan tulisanya..hehe

Sekarang waktu telah menunjukkan 22.00 WIB, saya masih belum yakin tulisan ini akan bisa saya selesaikan seperti seharusnya, tapi percayalah sekarang ini saya sedang memaksakan diri untuk tetap menulis di jalurnya, semoga saja kali ini benar-benar selesai..hehe

2016, terlalu banya hal yang membuat saya khawatir terjadi di tahun ini, dimulai dari apa-apa yang ada dalam diri saya sendiri, keluarga, lingkungan, teman-teman, sampai ke ranah negara dan keimanan, saya akan mencoba untuk menguraikanya satu persatu,umm.. bisa juga random hehe,  tapi untuk kekhawatiran terhadap diri sendiri, keluarga dan hal pribadi lainnya tidak akan saya ceritakan disini, biarlah menjadi bahan renungan untuk saya pribadi.

Okeh, yuk kita kemana...??? *loh? hehe

Sejujurnya saya begitu khawatir terhadap lingkungan hidup saya yang baru, begitu banyak hal yang menurut saya sudah tidak pada tempatnya, ada beberapa hal yang sangat tidak baik menurut saya, seperti halnya, mungkin sekitar satu atau dua bulan yang lalu, saya mendengar ada seorang perempuan yang dibunuh oleh mantan suaminya, karna sang suami ingin sekali untuk kembali bersama sang mantan istri namun sang mantan sudah memiliki kekasih yang lain, sebenarnya jika si laki-laki ini punya ilmu dan pengetahuan tentang pernikahan dan perceraian maka hal-hal seperti itu tidaklah mungkin akan terjadi, hal ini terjadi pastilah karena si laki-laki ini sangat tidak begitu tau dengan ilmu agama, alangkah indahnya bila kita kembali belajar, memperdalam ilmu agama, kembali ke surau seperti yang gaungkan oleh para ulama kita, tujuannya adalah agar kita tidak jatuh kedalam lembah-lembah dosa dan terpenjara didalamnya.
***
“Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan di Dunia haruslah dengan ilmu,
Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan di Akhirat juga dengan ilmu,
Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan di Dunia dan akhirat haruslah dengan ilmu.”
(Al Hadist)
***
Lalu di penghujung tahun ini ada juga hal tentang ilmu keduniaan yang sangat menggemparkan sekaligus membingungkan menurut saya, mengapa tidak, ada sebuah keresahan baru bagi sebagian orang yang sedang memikirkannya , mereka mempertanyakan tentang kebenaran, menyakut ilmu pengetahuan yang selama ini kita pelajari sedari kecil, ini soal bumi, matahari, bulan, bintang, tata surya, semesta dan teory-teory yang tak memungkinkan disebut sebagai fakta.

Hari itu ada seorang teman yang bertanya, “menurut kamu bumi itu bulat atau datar?”

Lalu dengan penuh keyakinan saya menjawab,” tentu saja bulat!”

Lalu dia bilang, “ada sebuah teory baru yang sedang dikemukakan oleh entah siapa namanya, yang mengatakan bumi itu tidak bulat tapi datar.”

Mendengar itupun saya sebenarnya telah mempersiapkan banyak sekali kata-kata bantahan yang bisa saya kemukakan jika itu perlu, namun si teman ini rupanya telah tahu kemana arahnya.

Dia kemudia menengahi obrolan antara saya dan sang pikiran, lalu dia bilang, “coba saja kamu lihat video-video teorynya di youtube, disana ada sekitar sepuluh video atau sekarang mungkin sudah lebih, dengarkan saja, lalu fikirkan,” begitu katanya.

Setelah saya menyelesaikan nonton video-videonya, entah apa yang terjadi, keyakinanku dengan teory-teory dan yang saya anggap fakta sedari kecil itu semuanya memudar, berubah menjadi sebuah tanda tanya besar, tidak ada lagi kepercayaan didalamnya, baik terhadap teory lama ataupun teory yang baru itu, sama saja, saya sangat butuh penjelasan sebenarnya, namun pada akhirnya saya sangat sadar tak seorangpun yang akan mampu memberikan penjelasan tentang semua itu, Allah maha tau atas segala-galanya, langit ataupun bumi.
***
“Dan di sisi Allahlah kunci-kunci semua yang ghoib, tidak ada yang mengetahuinya selain Dialah Allah sendiri, dan Dia mengetahui apapun yang ada di daratan dan Dia mengetahui apapun yang ada di lautan dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dialah Allah mengetahuinya pula, dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak ada satu pun yang basah dan tak ada satu pun yang kering melainkan semua tertulis di lauh mahfudz, kitab yang nyata. “
(QS Al- An’am: 59)
***

Dan kamu pasti masih ingat dan juga tau, ada trend yang lucu bin ajaib di tahun ini, mengapa tidak, jargonan OM Telolet Om bisa-bisanya jad trending topic, luar biasa tak masuk akal menurut saya, namun itu jauh lebih masuk akal di bandingkan dengan teory-teory yang dikemukakan para ilmuan jaman lama itu, om telolet om, adalah sebuah bukti nyata bahwa untuk bahagia itu tak butuh sesuatu yang sempurna, karena bahagia itu sederhana. Ada juga seorang laki-laki yang namanya begitu terkenal sekarang, namanya yang unik itu membuatnya begitu viral di dunia maya, uvwevwe bla bla bla osas ahh saya tidak mampu menuliskanyanya, namun satu hal yang perlu kalian tau, ingat ini, sekali lagi saya ingatkan, cermati ini, “saya haval namanya dengan fasih!” haha..
*yang sedang penasaran, telfon saja, nomor hp masih yang lama kok haha

Kita beranjak ke cerita yang lain, ini adalah tentang seorang teman yang baru saja pulang dari rantauan nun jauh disana, setelah lama tak bertemu dan berbagi kisah masing-masing selama tak bertemu, kami pun sampai disuatu perbincangan tentang ke agamaan, kamu jangan heran, kami memang selalu melakukannya hampir disetiap kesempatan, walau di antara kami tak satupun yang berasal dari sekolah agama, namun kami selalu mencoba menambah ilmu bagaimanapun caranya asalkan itu benar, salah satunya adalah dengan berdiskusi seperti yang kami lakukan waktu itu, perbincangan itu sedikit menyinggung tentang hari akhir,

Dia bertanya kepadaku,“apakah kamu tau seorang ustadz?”  sambil menyebutkan namanya,

Lalu sayapun sejenak mencoba mengingat namun sepertinya belum pernah mendengar nama itu,

Kemudian saya bertanya, “apa yang spesial dari ustad itu?”

Dia menjawab, “ustad itu sedikit berbeda dari yang lain, dia mencoba menyampaikan tanda-tanda akhir zaman dengan begitu gamblang dan dikaitkan dengan fakta-fakta yang sedang dan telah terjadi saat ini”,

Saya sejenak berfikir, siapa ustad ini?

Lalu tanpa diminta teman ini memperlihatkan rekaman ceramah sang ustad, awalnya saya tidak begitu tertarik dan tidak mau untuk melihat karna durasinya yang begitu panjang, namun singkat cerita akhirnya saya pun selesai menonton videonya, dan ternyata memang benar, sangat berbeda, ada berbagai macam perasaan yang saya rasakan saat itu, gemetar, takut, merasa sangat banyak kekurangan, merasa berdosa dan juga ada rasa tidak percaya, namun pada akhirnya saya menyimpulkan terlepas dari semua keraguan  tentang apa yang disampaikan oleh sang ustadz itu, sebenarnya tidak ada yang salah dengan itu semua, satu hal yang pasti Allah SWT telah mengingatkanku lewat dakwah dari sang ustad.
***
Dia mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi , dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu "
(QS. l Imran : 29)
***
Sekian dan terimakasih~banyak sudah membacaa..walau tak seperti kaleidoskop lainnya hehe

Dan pada akhirnya, untuk pertama kalinya saya berhasil menyelesaikan tulisan seperti ini, dua hari, lebih  hihi

ariyosde™

Semua penulis akan mati. Hanya karyanya yang akan abadi. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di Akhirat nanti. (Ali Bin Abi Thalib)

No comments:

Post a Comment